Jangan Pernah Mengaku Sudah ke Papua Kalau Belum Makan Pinang Papua

Pinang papua
MAJALAHLAPAGO - Makan siri-pinang merupakan sebuah budaya turun-temurun dan juga sekaligus merupakan bagian dari pengikat solidaritas masyarakat papua. Sehingga dimana saja bertemu, saling mengenal atau tidak tetapi kalau ada siri-pinang pasti dengan sendirinya komunikasi akan terbangun secara kekeluargaan, dan juga makan siri-pinang bagi masyarakat papua dapat membuat gigi kita semakin kuat.

Jika kita melihat, siri-pinang juga bukan merupakan barang yang khas dimakan oleh masyarakat papua saja tetapi setiap orang yang non papua atau yang berwisata ke papua. “kalau belum makan pinang Papua (selain makan papeda/sagu/Ubi) berarti belum ke papua”. sehingga makan siri-pinang merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan oleh kehidupan sosial masyarakat papua karena bagi orang papua, makan siri-pinang adalah ciri khas budaya masyarakat papua.

Namun disisi yang lain, ada juga masyarakat papua yang tidak makan siri-pinang sama sekali. Makan siri-pinang itu memberikan semangat ketika bekerja. Secara pribadi, makan siri-pinang di papua itu bukan bicara soal budaya lagi melainkan suatu “gaya hidup masyarakat papua”.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Jangan Pernah Mengaku Sudah ke Papua Kalau Belum Makan Pinang Papua"

Posting Komentar