Ini Dia Wajah Baru Bandara Wamena Papua

Bandar udara wamena
MAJALAHLAPAGO - Bandar Udara (Bandara) Wamena yang berlokasi di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua kini sudah nampak berbeda.

Bandara yang semula sangat sederhana berupa bangunan kecil itu kini telah menjelma menjadi bandara cukup mewah setelah pembangunan besar-besaran oleh pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Pembangunan Bandara Wamena yang menelan anggaran sekira Rp200 miliar ini, baru diresmikan pada tahun 2015 yang lalu.

Berbagai perubahan dilakukan guna mempercantik bandara. Di antaranya menambah ukuran landasan pacu yang semula 2.175 x 30 meter menjadi 2.400 x 45 meter secara bertahap pada 2016 mendatang.


"Penambahan luas landasan pacu ini bertujuan untuk safety atau keselamatan penerbangan. Ini yang kita selalu utamakan," ujar Kepala Bandara Wamena, Papua.
Tidak hanya itu, dari segi interior pun pihak Kemenhub telah melakukan pemugaran besar-besaran terhadap bandara ini.

Misalnya, kursi ruang tunggu yang sangat nyaman, penerangan lampu serta konstruksi bangunan yang kokoh dengan desain plafon yang menarik. Bahkan, ruangan toilet bandara yang tertata rapih dan bersih juga patut menuai pujian.

"Toilet ini juga termasuk fasilitas umum yang kita perbaiki untuk kenyamanan. Semuanya tentu diharapkan dapat menambah kenyamanan dan minat pengunjung untuk melakukan perjalanan terbang ke Wamena,".

semua pihak termasuk masyarakat dapat menjaga Bandara Wamena termasuk fasilitas umum yang ada di dalamnya, demi kepentingan dan kemaslahatan bersama.
"Semoga kehadiran bandara baru ini dapat memuaskan kebutuhan masyarakat akan kebutuhan sarana transportasi udara,".


Untuk diketahui, pembangunan Bandara Wamena ini merupakan prakarsa dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang dinakhodai Menteri Ignasius Jonan. Pembangunan bandara modern demi memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama di wilayah terpencil telah sesuai dengan konsep Nawacita Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Jonan telah berkomitmen untuk membangun dan memperbaiki kualitas bandara-bandara di daerah, di mana salah satunya ialah Bandara Wamena. Pembangunan sarana perhubungan yang andal dan baik sebagai percontohan telah dilakukan di antaranya terhadap Bandara Rembele, Aceh Tengah dan Bandara DC Saudale di Pulau Rote, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Ini Dia Wajah Baru Bandara Wamena Papua"

Posting Komentar