5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Keberadaan Indonesia di Papua

Ilutrasi TNI di Papua
PACEKRIBO - Berikut adalah lima hal yang harus Anda ketahui tentang keberadaan pemerintahan Indonesia di Papua dan Papua Barat :

1. Pekerjakan militer terbanyak sepanjang sejarah di dunia

Militer terbanyak di Indonesia ada di tanah Papua. Indonesia merebut Papua Barat, bagian barat pulau New Guinea, pada tahun 1963, tak lama setelah penjajah Belanda ditarik keluar. Partai-partai politik dilarang, lahir nasionalisme Papua hancur, dan puluhan ribu tentara, polisi dan pasukan khusus banjir Pada tahun 1969 dengan diadakan referendum atau pepera palsu aneksasi yang diawasi PBB, dan lebih dari seribu wakil terpilih oleh yang disuap, dibujuk dan terancam jika tidak mendukung pemerintahan Indonesia.

Sebuah negara dengan polisi siap siaga dan dibelenggu di wilayah yang luas dan kaya ini, untuk memerangi pemberontakan tiap suku pribumi dan menekan aspirasi kemerdekaan orang Papua yang sangat dengan semangat, seperti mengibarkan bendera nasional Papua Barat, dan jika Bintang Fajar dikibarkan akan dikenakan 15 Tahun penjara.

2. Ada kemungkinan keberadaan pemerintahan Indonesia dan genosida masih berlanjut.

Kekerasan dan pembunuhan tak jauh dari kehidupan orang asli Papua, bahkan orang Papua saat ini masih trauma besar, kekerasan dan pembunuhan dilakukan oleh aparat Indonesia. Dan kini banyak muncul pembunuhan dengan berbagai macam cara.

Meskipun media internasional dan LSM telah melarang selama beberapa dekade, sebagian besar pengamat memperkirakan bahwa lebih dari 100.000 orang asli Papua telah tewas sejak tahun 1960-an, setidaknya 10% dari populasi. Seperti gema pemerintahan Indonesia di Tomor Timur, yang dieliminasi sekitar sepertiga dari populasi, pada tahun 2004 laporan dari Yale Law School menyimpulkan: ” [Ada] indikasi kuat bahwa pemerintah Indonesia telah melakukan genosida terhadap orang Papua Barat”, Beberapa ulama lainnya menyimpulkan kesimpulan yang sama dan sekarang masih sedang terjadi dan modusnya genosida ini dengan banyak cara.

Laporan pembunuhan biadab secara terencana dan teratur ini muncul, dan ada studi baru-baru ini menggambarkan penyiksaan oleh ‘metode pemerintahan’ di tiap provinsi. penyalahgunaan cenderung terkait dengan proyek-proyek ekstraksi sumber daya dan ‘transmigrasi’, upaya (sebelumnya didukung oleh Bank Dunia) untuk ratusan ribu petani Indonesia memiliki lahan dan dikirim ke Papua Barat.

Selama kampanye militer di awal 1980-an, tentara Indonesia berlari di bawah slogan, ‘Biarkan tikus lari ke dalam hutan sehingga ayam dapat berkembang biak di kandang’. Dalam prakteknya, ini berarti memusnahkan desa-desa di Papua dan membawa etnis Indonesia untuk bekerja pada proyek-proyek ekonomi seperti perusahaan raksasa PT. Freeport, Grasberg tambang emas dan tembaga. Masuknya Indonesia telah mengesampingkan penduduk asli menjadi minoritas di tanahnya sendiri, dan berjuang untuk mempertahankan budaya dan hidup dengan cara nomaden. Seorang menteri Indonesia sekaligus penanggung jawab program transmigrasi menyatakan: 
“Kelompok-kelompok etnis yang berbeda akan hilang dalam jangka panjang karena integrasi, dan akan ada satu jenis manusia yaitu orang melayu Indonesia.”

3. Orang Papua Barat sangat menginginkan kemerdekaan.

Bahkan Duta Besar AS pro-Indonesia mengakui pada akhir tahun 1960an “mungkin 85 sampai 90%” dari Papua Barat ” bersimpati dengan persoalan Papua Merdeka.” Paul Kingsnorth, seorang wartawan investigasi yang bepergian ke daerah di awal 2000-an, menyimpulkan kampanye kemerdekaan sebagai “gerakan sosial berbasis sangat luas, hampir semua orang di Papua Barat, jika Anda bersama mereka , mereka akan mengakui sendiri”.

Tidak ada yang berbicara hal ini lebih dari kampanye selama perlawanan bersenjata dan perlawanan sipil terhadap negara Indonesia. Pada tahun 2011, dokumen rinciyang bocor dari tentara Indonesia “jaringan gerilya selama yang diselenggarakan relatif baik dan yang beroperasi di seluruh negeri.” Sebuah buku baru-baru ini menggambarkan gerakan bukan lagi dengan kekerasan ‘cerdas dan canggih’, dan catatan bahwa “orang Papua pada tahun 2015 keinginan kebebasan sangat banyak, tidak lebih seperti orang Papua yang menginginkan kebebasan pada tahun 1963.”

Kebanyakan orang Papua Barat menganggap bagian dari Melanesia, dengan lebih banyak kesamaan dengan populasi Pacific berkulit gelap daripada orang Indonesia yang sering memperlakukan orang Papua sebagai ras inferior. Budaya, bahasa, etnis berbeda. Papua memiliki banyak kesamaan dengan Indonesia karena menjadi minoritas, kemerdekaan akan menjadi solusi.

4. Indonesia takut masalah Papua terbongkar di kancah internasional

3 Mei 2016, Pada pertemuan Parlemen Internasional untuk Papua Barat (IPWP) yang berlangsung di Gedung Parlemen Inggris, London, sebuah deklarasi baru dibuat, yakni mendesak pengawasan internasional bagi kemerdekaan Papua Barat. – via: Free West Papua Campaign.

Di samping pembatasan media internasional dari Papua Barat, Indonesia menjalankan operasi kontra intelijen luar negeri untuk menetralisir gerakan kemerdekaan Papua di kanca internasional, surveilling dan melecehkan kampanye berbasis di Australia dan di tempat lain. 

Dokumen militer yang bocor meratapikeberhasilan aktivis telah “menyebarkan isu pelanggaran HAM berat di Papua,” dan Indonesia bekerja keras untuk memastikan perwakilan Papua terisolir, dilarang berorganisasi di regional wilayah Pacific. Juga pengunjung orang asing di dearah di bawah pengawasan, dan kepedulian Indonesia pada pembukaan kantor kampanye Papua Barat Merdeka di Oxford bahkan meminta Duta Besar Inggris di Jakarta untuk menjauhkan diri dari aspirasi kemerdekaan.

5. Di Barat, termasuk Inggris, mendukung pendudukan Indonesia selama beberapa dekade

Aliansi bersejarah Inggris dengan negara Indonesia, data terutama untuk kudeta berdarah Jenderal Suharto di 1965-6. Di tengah pembantaian setidaknya 500.000orang yang diduga anggota Partai Komunis Indonesia, pejabat senang mengambarkan sebagai ‘teror kejam’. dari sisi lain kantor Luar Negeri berpendapat bahwa “para jendral akan membutuhkan semua bantuan yang mereka bisa mendapatkan”, melepaskan bantuan seharga £1m dan pemberian ekspor peralatan militer. Indonesia sepatutnya hancur, tidak pernah pulih, dan Suharto tegas mengendalikan pro Barat.

Sejak itu, dukungan Inggris untuk pemerintahan Indonesia di Papua Barat sudah tak tergoyahkan. secara Pribadi mengakui sifat yang ‘buas’ dari pemerintahan Indonesia, publik pejabat telah memilih untuk pemerintahan Indonesia yang sah di PBB dan menjanjikan dukungan untuk ‘integritas teritorial’ Indonesia. Sampai akhir tahun 90an, Inggris adalah salah satu pemasok senjata utama Indonesia. Kopassus, pasukan khusus Indonesia, telah dilatih dan dipersenjatai oleh Inggris, Amerika Serikat dan Australia, meskipun catatan terdokumentasi pelanggaran hak asasi manusia yang mengerikan di Papua. Bantuan Inggris dan melatih Detasemen 88, unit anti terorisme Indonesia yang dituduh membantai orang Papua di pegunungan tengah.

Sementara di oposisi, David Cameron menggambarkan situasi di Papua sebagai hal yang ‘mengerikan’; sekali dalam kenjungan, ia ke Jakarta dengan perwakilan dari BAE Systems. Sebaliknya, Jeremy Corbyn sudah lama mendukung perjuangan Papua, contoh lain dari “tantangan langsung dan terbuka untuk sistem pemerintahan Inggris dari aliansi internasional”, Peter Oborne menjelaskan. Ini masih harus dilihat apakah dia akan mampu mengusir pembentukan dukungan Inggris untuk negara Indonesia jika ia datang untuk kekuasaan. [Yugum Tero]

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to " 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Keberadaan Indonesia di Papua"

Posting Komentar