Banjir di Wamena, belasan rumah warga terendam air

Masyarakat di seputaran kali hetuma saat membersihkan sisa banjir
MAJALAHLAPAGO, WAMENA - Sebanyak 15 rumah warga yang berada di bantaran Kali Hetuma yang berada di wilayah Distrik Hubikiak, Kabupaten Jayawijaya tepatnya di Jalan SD Percobaan Potikelek Wamena, harus terendam air akibat banjir.
Salah seorang warga, Sanda yang terkena banjir akibat luapan kali tersebut mengakui,
“Kurang lebih ada 15 kepala keluarga sekitar lokasi itu yang terkena banjir, mulai dari kapela gereja Katolik hingga pinggir kali Hetuma,” kata Sanda, seorang warga yang terkena banjir akibat luapan kali tersebut saat ditemui Senin (7/11/2016).
Menurutnya, banjir yang meluap hingga masuk ke perumahan warga terjadi pada pukul 09.00 waktu Papua, dimana selama 4 jam setelah kejadian pertama baru banjir tersebut surut.
“Jadi air yang masuk dan naik ke rumah tetangga itu ada sekitar 80 centimeter. Kejadian ini sudah keempat kalinya,” jelas Sanda.
Dirinya menilai, sepanjang kali Hetuma sudah tidak lagi beraturan, dalam arti banyak yang longsor dan juga ada kesengajaaan membuat penyempitan kali Hetuma, sehingga ia berharap pemerintah Jayawijaya dapat menunrunkan alat berat untuk memperbaiki arus air di Kali Hetuma.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jayawijaya melalui Kepala Seksi Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana, Ernawaty Tappi membenarkan kejadian yang dialami warga masyarakat di Wilayah Distrik Hubikiak Potikelek Wamena. Dijelaskannya, setelah mendengar informasi tersebut pihaknya langsung turun ke lapangan untuk memastikan dan ternyata banjir besar telah menimpa perumahan warga di sekitar kali Hetuma.
“Kami melihat langsung keadaan disini dan banjirnya sudah sampai ke paha orang dewasa. Memang masyarakat butuh bantuan,” ungkap Ernawaty.
Terkait koordinasi dengan pihak terkait dalam hal ini PU, dirinya mengaku belum melakukan koordinasi dengan pihak terkait, namun pihaknya akan berusaha agar bersama sama PU menangani kejadian ini. (*)

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Banjir di Wamena, belasan rumah warga terendam air "

Posting Komentar