Papua Mau Merdeka, Ko Percuma Kesana, Nanti ko Pulang Mayat

Foto Mas Dari Mkasar/camera tersembunyi
SURABAYA, PACEKRIBO - Perkenalkan nama saya Nuken Weko. Biasa pangil ken. Cerita hari ini 14/01/2016 ini sangat menarik skali.

Saya ada duduk di salah satu warkop (warung Kopi) di dekat sebuah kampus, kampus Universitas Negeri Surabaya selanjutnya di sebut  Unesa. Kira-kira saya duduk disitu paling lama 2 jam. Lalu Ada orang satu ne datang duduk disamping saya, sebut saja orang makasar (Pengakuan mas ini) lalu beberapa pertanyaan dia tanya, yang pertama kuliah dimana, saya jawab saya kuliah di Unesa, lalu dia tanya lagi sudah semester berapa, saya jawab saya sudah semester akhir,  dia tanya kamu asal dari mana, saya jawab saya dari papua, anehnya dia ini tidak tau kah mungkin kalau orang rambut keriting kulit hitam seperti saya itu dari papua, sudah tau rambut keriting kulit hitam.. heheh sangat lucu, peryanyaan kaya orang buta. masih tanya lagi..

Dia lanjut mengatakan saya sebentr lagi ke jayapura, mau kerja disana, karena saya sudah mencari kerja disini tapi sulit, kalau papua itu gampang. Heheh.. saya berkata dalam hati "papua mau merdeka, ko percuma kesana, nanti ko pulang mayat".

Diskusi sangat lama kira-kira sekitar 2 jam, saya tanya kalau ke papua skalian bawa istri apa sendiri? Dia jawab saya sendiri, karena ada pangilan dari hotel jayapura hehe ko tipu tooo., saya berkata dalam hati mas ini sebelumnya dia jawab kalau ke papua (Jayapura) itu bukan karena pangilan tapi cari kerja karena disini susa. Parah demi.

Dia tanyakan lagi bagaimana kehidupan disana, saya jawab wauuu... kren, enak, pokoknya luar biasa, tidak seperti dijawa sini, banyak orang miskin, tidur dibawah kolom jembatan, pengemis, pengamen, dan banyak banyak lagi disini..

Dia tanya lagi kalau ke wamena dekat ya, saya jawab dekat, kurang lebih 30-45 menit , mas itu kaget lalu dia jawab ohh berarti kaya surabaya sidoarjo ya..?? hehe gila. Ini, mas ko kira pake motor atau mobil bisah k... sembarang kau.

Mast tanya lagi kamu disini tingal kontrakan ya atau kost, kalau kontrakan berapa orang dikontrakan itu, saya jawab kurang lebih ada 9 orang, heheh mas ini bilang aduh enak itu, kumpul satu daerah, saya pikir-pikir enak emangnya makannan apa? Kok enak.

Dia tanya lagi kalau sudah lulus mau kerja dimana? Hehe mas saya tetap pulang too, untuk apa tinggal disini, sudah bosan mas, saya rindu skali mau pulang, saya tidak punya rumah disini. Tidak bisah merasakan angin segarnya.

lalu dia diam sejenak 16 menitan lalu dia pulang.


Sekian dan terima kasih. (Nuken)

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "Papua Mau Merdeka, Ko Percuma Kesana, Nanti ko Pulang Mayat"