10 Fakta Danau Habema

Danau habema
MAJALAHLAPAGO – Danau Habema terletak sekitar 42 km dari Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, yang berada dalam area Taman Nasional Lorentz. Untuk menuju danau ini diperlukan waktu 3 jam perjalanan dengan kendaraan roda empat yang cukup besar. Butuh perjuangan untuk mencapai Danau Habema ini, karena jalan cukup berliku, mengingat Wamena merupakan kota yang ada di Pegunungan Papua.
Meski danau yang nama aslinya Yuginopa ini dikatakan telah berubah jauh sejak 104 tahun lalu kala H.A Lorentz memulai ekspedisinya, landscape Danau Habema tetaplah spektakuler. Rentangandanau biru pekat seluas 224 hektar dengan salju abadi yang menutupi puncak Trikora adalah berlian di mata pecinta alam dan ekspedisi.
Area ini adalah lokasi yang spektakuler, dengan landscape Papua dan vegetasi yang sangat beragam. Dahulu di area Danau Habema banyak terdapat anggrek hitam yang langka. Saat ini sudah sangat sulit menemui tanaman ini akibat eksploitasi ilegal yang membawa anggrek anggrek ini ke kota kota besar di Indonesia untuk dijual.
  1. 3.300 – Danau Habema merupakan salah satu danau tertinggi di Indonesia. Terletak di ketinggian lebih dari 3.300 meter di atas permukaan laut.
  2. 224 – Danau Habema mempunyai luas kurang lebih sekitar 224 hektar.
  3. 10 – Luas keliling danau Habema mencapai 10 kilometer.
  4. 1909 – Nama Habema diambil dari seorang perwira Belanda yang bernama Letnan D Habema, yang mengawal ekspedisi HA Lorentz pada tahun 1909.
  5. 8 – Suhu di siang hari di sekitar Danau Habema rata-rata mencapai 8 derajat celcius.
  6. 4 – Tercatat suhu paling rendah di Danau Habema adalah 4 derajat celcius.
  7. 42 – Jarak 42km harus di tempuh dari kota Wamena untuk mencapai Danau Habema.
  8. 4200 – Puyuh salju adalah satwa endemis di sekitar Danau Habema yang hanya hidup di ketinggian hingga 4.200 mdpl.
  9. 3 – Sekeliling danau Habema dipenuhi oleh 3 tumbuhan dominan yakni pakis palem (Cycas sp), pohon sage (Nothofagus), edelweis (Leontopodium alpinum), juga berbagai jenis lumut gunung.
  10. 2 – Saat ini tercatat 2 habitat hewan yang pernah ada du Danau Habema namun sudah sangat jarang ditemui lagi, yakno Kanguru pohon (Dendrolagus sp) dan burung cendrawasih elok (Macgregoria pulchra).

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "10 Fakta Danau Habema"

Posting Komentar