5 Hal Unik Dari Papua

Tanah papua itu indah


MAJALAHLAPAGO -
Papua adalah salah satu pulau yang indah yang masih jarang dijamah oleh para wisatawan, karena aksesnya yang sulit dan terbilang cukup mahal untuk sampai kesana, selain itu kesejahteraan sosial disana juga masih sangat tidak merata, hasil masyarakat papua seperti terisolasi, namun oleh karena itu semua tradisi dan adat disana masih sangat kental, Papua juga menyimpan kekayaan alam dan keindahan alam yang sungguh memukau.
 
Papua memiliki hal – hal unik yang kadang sering kali tidak kita sadari, berikut adalah 5 Hal Unik Dari Papua :

 1.Salju di Negara Tropis


Salju di Negara tropis seperti Indonesia? rasa-rasanya tidak mungkin, tetapi Anda akan menemukan salju abadi dibagian Negara Indonesia tepatnya di Gunung Carstenz yang merupakan bagian dari pegunungan JayaWijaya dan merupakan gunung tertinggi di Papua dengan tinggi 4.884 mdpl yang menjadi salah satu 7 puncak benua atau Seven Summit Continental.

3.Mumi di Pedalaman Indonesia


Masih berada di Wamena, disini terdapat mumi Papua yang tidak kalah menakutkan dengan mumi yang berada di Negara Mesir. Dari lekuk tubuhnya mumi ini jelas-jelas tidak sedang dalam posisi tidur melainkan dalam posisi duduk dan kedua tangannya memegang lutut serta kepala yang menghadap keatas. Terdapat 6 mumi yang sudah ditemukan di Wamena, tetapi yang paling dikenal adalah mumi yang berasal dari kampong Sompaima. Mumi ini rupanya bukan mumi dari orang yang sembarangan, melainkan mumi dari kepala suku atau panglima perang yang berumur sekitar 300 tahun. Mumi ini dipercaya bisa memberikan kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakat sekitar Wamena.

4.Lukisan Misterius di Gua Kontilola


Gua Kontilola Wamena ini bisa ditempuh sejauh 1 jam dari Bandara Wamena. Gua Kontilola ini merupakan gua horizontal, tetapi Anda juga harus menyediakan perlengkapan seperti helm, senter, sepatu boots, dan alat pengaman lainnya. Saat memasuki gua Kontilola ini Anda hanya bisa sampai di aula besarnya saja, walaupun begitu Anda sudah akan menemukan hal yang ajaib dan misterius.disana terdapat beberapa lukisan didinding gua setinggi 3 meter. Lukisan ini memiliki bentuk yang aneh yaitu tidak menggambarkan rupa atau bentuk orang-orang Papua melainkan menggambarkan manusia dengan bentuk yang aneh.masyarakat Wamena percaya bahwa lukisan ini merupakan peninggalan leluhur karena sudah berada di gua ini sejak lama dan sampai saat ini misteri lukisan di gua Kontilola ini belum terpecahkan.

5.Telaga Biru yang Berwarna Hijau


Telaga biru ini terletak di distrik Maima Wamena, untuk mencapai telaga ini Anda harus melewati bukit-bukit yang terjal. Masyarakat menganggap bahwa telaga ini adalah tempat dimana munculnya manusia untuk pertama kalinya dibumi. Keajaiban lainnya dari Telaga ini adalah telaga ini berwarna hijau tosca, entah dari mana warna tersebut berasal. Masyarakat setempat juga percaya bahwa dulu ada turis yang berenang dan menyelam ke telaga ini dan menemukan Honai atau rumah adat suku Dani di dalam telaganya. Percayakah Anda ?

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "5 Hal Unik Dari Papua"

Posting Komentar